INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Perbedaan Antara Analisis SWOT dan Analisis PEST

brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan
Ada beberapa tumpang tindih antara analisis PEST erletak dan SWOT. Faktor serupa muncul di keduanya. Perbedaan antara PEST dan SWOT terletak pada hal-hal berikut ini :

PEST cenderung untuk menilai pasar, termasuk pesaing, dari sudut pandang proposisi tertentu atau bisnis.

SWOT dalam bisnis dan pemasaran cenderung untuk penilaian bisnis atau proposisi, apakah itu bisnis Anda sendiri ( jarang ) atau bisnis pesaing atau proposisi.

Perencanaan strategis bukanlah ilmu yang eksak - bukan alat yang secara kaku menentukan - melainkan soal pilihan pragmatis untuk membantu mengidentifikasi dan menjelaskan masalah-masalah dengan lebih baik.

Analisis PEST mungkin berguna sebelum analisis SWOT di mana ia membantu untuk mengidentifikasi faktor-faktor SWOT. Dengan kata lain analisis PEST dapat dimasukkan dalam analisis SWOT, untuk mencapai efek yanglebih tajam .

PEST menjadi lebih berguna dan relevan untuk bisni atau proposisiyang lebih besar dan lebih kompleks, tetapi bahkan untuk bisnis lokal sangat kecil analisis PEST masih bisa sangat signifikan yang mungkin tak terjawab dengan analisis lain.

Keempat kuadran di PEST bervariasi dalam arti tergantung pada jenis bisnis, misalnya, faktor-faktor sosial yang jelas lebih relevan dengan bisnis konsumen atau organisasi B2B ( business- to-business ) karena dekat dengan konsumen akhir dari rantai pasokan, sedangkan faktor-faktor politik jelas lebih relevan dengan pemasok amunisi global atau pabrikan aerosol propelan .

Semua bisnis dapat mengambil manfaat dari analisis SWOT, dan semua bisnis yang memperoleh  manfaat dari menyelesaikan analisis SWOT terhadap pesaing utama mereka, pada gilirannya akan dapat memberikan poin yang berguna juga ke dalam aspek-aspek ekonomi dari analisis PEST.

BACA  ARTIKEL ANALISIS SWOT YG LAIN DISINI


brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget