INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Job Interview - Wawancara Pekerjaan

Job interview akan menjadi lebih mudah bagi pewawancara maupun yang diwawancara jika anda
sudah membuat rencana dan menyiapkan pertanyaan dan jawaban, dan menggunakan teknik wawancara yang sesuai.

Disini kita akan membahas tips untuk job-hunting dan job interviews, serta contoh-contoh pertanyaan dan jawaban dalam interview yang sulit. Juga disertai beberapa ide tentang metoda seleksi dan rekrutmen yang efektif.

Job interview sangat penting untuk mendapatan SDM yang bermutu bagi organisasi. Proses dan etoda wawancara yang baik tent akan meningkatkan mutu SDM dari organisasi yang bersangkutan. Sebaliknya metoda interview yang buruk akan menghasilkan seleksi yang jelek, yang akan menurunkan kemampuan organisasi, membuang waktu dan meningkatkan turnover karyawan.

Beberapa pewawancara suka dengan pertanyaan atau interview yang 'keras' dan tentu saja yang diwawancara harus mempersiapkan jawaban untuk interview seperti itu. Tetapi perlu diingat, dari sisi pewawancara, menanyakan pertanyaan-pertanyaan 'sulit' tidak selamanya berguna. Pewawancara tidak harus menempatkan yang diwawancara dalam tekanan, karena orang cenderung menarik diri dan defensif bila berada dibawah tekanan. Kita bisa mendapat lebih banyak jika orang dalam keadaan relaks.

Karena itu lebih baik untuk fokus pada interview yang 'baik' dari pada yang 'keras'. Interview yang 'baik' akan mendorong yang diwawancara berpikir tentang dirinya dan memberikan informasi yang jelas kepada pewawancara seperti kebutuhannya, kemampuannya, pengalamannya, kepribadiannya, dan kecocokannya terhadap pekerjaan. Pertanyaan dalam interview yang terbaik adalah yang membantu yang diwawancara memunculkan ketrampilan, pengetahuan, sikap, dan perasaan mereka kepada pewawancara.

Beberapa artikel yang akan dibahas disini antara lain:







No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget