INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Biksu dan Pengembara

-->
brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan
Suatu hari seorang pengembara/musafir berjalan sepanjang jalan dari satu desa ke desa lain. Sambil berjalan ia melihat seorang biarawan merawat kebun di ladang di samping jalan. Biarawan itu berkata "Selamat Siang" kepada si pengembara, dan pengembara itu mengangguk. Si Musafir lalu menoleh ke biarawan itu dan berkata "Maaf, apakah Anda keberatan jika saya mengajukan pertanyaan?".

"Sama sekali tidak," jawab biksu itu.

"Saya bepergian dari desa di pegunungan itu ke desa di lembah dan dalam hati bertanya-tanya seperti apakah desa di lembah itu?"

"Katakan padaku," kata biarawan itu, "Apa pengalaman Anda di desa di pegunungan itu?"

"Mengerikan," jawab si musafir, "jujur
​​saja saya senang berada jauh dari sana. Saya menemukan orang-orang yang paling tidak ramah.. Ketika saya pertama tiba saya disambut dingin. Saya tidak pernah dibuat merasa bagian dari desa itu tidak peduli seberapa keras saya mencoba. Penduduk desa tetap sibuk dengan diri mereka sendiri, mereka tidak ramah terhadap orang asing. Jadi katakan padaku, apa yang dapat saya harapkan dari desa di lembah itu?. "

"Saya minta maaf untuk memberitahu Anda," kata biarawan itu, "tapi saya pikir pengalaman Anda akan sama di sana".

Musafir itu menunduk sedih dan berjalan.

Beberapa saat kemudian pengembara lain sedang melakukan perjalanan di jalan yang sama dan dia juga bertemu biarawan itu.

"Saya akan ke desa di lembah," kata musafir kedua, "Apakah Anda tahu bagaimana keadaannya?"

"Ya," jawab biksu itu "Tapi pertama-tama  beritahu saya – dari mana Anda datang?"

"Saya datang dari desa di pegunungan."

"Dan bagaimana pengalaman anda disana?"

"Ya, disana saya mendapat pengalaman yang indah. Saya akan tetap tinggal jika saya bisa, tapi saya telah berkomitmen untuk berkelana.. Saya merasa seolah-olah saya adalah anggota keluarga di desa itu. Para tetua memberi saya banyak saran, anak-anak tertawa dan bergurau dengan saya dan orang umumnya baik dan murah hati. Saya sedih telah meninggalkan mereka.. Ini akan selalu menjadi kenangan khusus bagi saya. Dan bagaimana dengan desa di lembah itu? " dia bertanya lagi.

"Saya pikir Anda akan merasa sama juga disana" jawab biksuitu, "Selamat siang untuk Anda".

"Selamat siang dan terima kasih," jawab si pengembara, tersenyum, dan melanjutkan perjalanannya.


brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget