INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Sumber Pengaruh Pemimpin


-->
Terdapat dua sumber pengaruh bagi seorang pemimpin, yakni pengaruh pribadi dan pengaruh kedudukan.

Pengaruh Pribadi
Pengaruh ini diperoleh pemimpin dari orng-orangnya. Kemmpuan mempengaruhi ini timbul dari rasa senang, kagum, yakin, hormat, atau percaya dari orang-orang yang dipengaruhinya. Pengaruh ini timbul dari tingkat kedekatan, keteriktan, atau hubungan baik antara pemimpin dan para pengikutnya (atau anatara tasan dan bawahan).


Jenis pengaruh ini diperkuat atau diperlemah oleh sejauh mana pengikut memandang bahwa tujuan mereka sama atau setidaknya bergantung pada upaya pemimpin mencapai tujuannya. Karena itu pengaruh ini dapat dimiliki dan dapat pula hilang dari seseorang.

Pengaruh Kedudukan
Pengaruh ini berupa kekuasaan yng dimiliki seseorang atas dasar jabatan yang didudukinya dalam organisasi. Seseorang yang karena jabatannya dalam organisasi disebut sebagai manajer memiliki kekuasaan untuk mempengaruhi perilaku orang lain yakni bawahannya.

Dengan jabatannya, seseorang dapat memberi imbalan, hukuman atau sanksi bagi orang-orng yng dikelolanya. Pengaruh ini biasanya berasal dari tingkat atas organisasi dan semakin ke bawah dalam struktur organisasi pengaruhnya semkin menyusut. Seperti halnya pengaruh pribadi, pengaruh karena kedudukan inipun dapat hilang dari seseorang, bahkan lebih rentan begitu jabatan yang dipegangnya lepas.


Seorang manajer yang efektif memiliki kedua sumber pengaruh tersebut dan menggunakannya dengan bijaksana, baik bagi kepentingan organisasi dan orang-orang yang dikelolanya maupun bagi kepentingannya sendiri.

Berikut adalah penjelasan masing-masing unsur dari kedua sumber pengaruh diatas:

  • Keahlian. Pengaruh ini didasrkan atas keahlian, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki seseorang yang menimbulkan rasa hormat dan kagum sehingga mempengaruhi orang lain. Manajer yang berkeahlian tinggi dipandang memiliki keterampilan yang memperlancar bawahan dalam melaksanakan pekerjaan mereka. Jabatan seseorang tidak otomatis memberikannya keahlian yang diperlukan. Oleh karena itu keahlian dipandang sebagai pengaruh yang sifatnya pribadi yang dapat diperoleh melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman.
  • Kepribadian. Pengaruh ini didasarkan pada ciri-ciri seseorang. Manajer yang tinggi pengruh kepribadinnya, pada umumnya disukai dan dikagumi karena sifat dan sikapnya yang menarik. Rasa suka dan kagum ini pada gilirannya akan mempengaruhi orang lain.
  • Paksaan. Paksaan pada umumnya didasarkan pada rasa takut. Sesorang dipandang memiliki pengaruh atas dasar paksaan jika orang lain melakukan keinginannya karena khawatir akan sanksi yang diterimanya jika tidak patuh. Manajer biasanya dapat memaksakan keinginannya karena jabatannya itu memberikan kekuasaan baginya memberikan penilaian dan sanksi kepada anak buah yang tidak mematuhinya.
  • Wewenang. Pengaruh ini didasarkan atas kedudukan seseorang dalam organisasi. Biasanya, makin tinggi kedudukan seseorang makin besar pula wewenangnya. Manajer memiliki pengaruh ini karena jabatannya mengandung wewenang yang memungkinkannya untuk memerintah bawahan melakukan sesuatu.
  • Imbalan. Pengaruh ini didasarkan pada kemampuan seseorang untuk menyediakan imbalan kepada orang lain yang merasa kepatuhannya akan mendapatkan imbalan yang positif seperti promosi, insentif uang, pengakuan, penghargaan, maupun pujian.
  • Informasi. Pengaruh ini didasarkan pada informasi yang dimiliki seseorang dan orang lain memandangnya bernilai. Kepemilikan informasi memiliki daya pengaruh terhadap orang lain karena mereka merasa memerlukannya.
  • Koneksi.  Pengaruh ini didasarkan pada hubungan seseorang dengan orang-orang yang berpengaruh di dalam atau di luar organisasi. Seseorang yang memiliki koneksi luas dapat mempengaruhi orang lain karena mereka ingin memperoleh manfaat atau tidak ingin tertimpa konsekuensi dari koneksi orang yang berkuasa.
Lanjut ke Latihan Sumber Pengaruh


No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget