INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Daur Hidup Perusahaan

Semua kehidupan, apapun itu senantiasa mengikuti hukum alam yang berupa life cycle atau daur hidup. Demikian pula halnya dengan sebuah organisasi, adalah sebuah kehidupan yang memiliki daur hidup sebagaimana makhluk hidup lainnya.






Sumber & Artikel Top



My Social Blogs
Sebagai suatu kehidupan, organisasi dimulai dengan lahir, belajar, tumbuh, berkembang, matang, surut dan akhirnya mati. Hukum alam ini berlaku umum bagi banyak kehidupan, sekali lahir lalu hidup dan mati, namun terdapat pula hukum alam lainnya yang lahir kembali setelah kematian pada kehidupan sebelumnya, dikenal dengan Transformasi, Contohnya adalah Metamorfosa pada kupu-kupu, katak, atau nyamuk dll.

Dr Ichak Adizes adalah guru bisnis terkenal dan ahli teori metodologi pengembangan organisasi dan layanan. Adizes memperkenalkan model 'sepuluh-tahap siklus hidup perusahaan' sebagai suatu cara yang mudah untuk mempelajari dan memahami tahap siklus hidup khas yang banyak dialami perusahaan.  
Tidak ada skala waktu yang tertentu untuk siklus-hidup perusahaan, dan banyak organisasi yang berbeda satu dengan lainnya dalam skala waktu model ini. Namun demikian, tahap siklus kehidupan Adizes memberikan dasar yabg berguna untuk memahami perspektif fundamental perubahan organisasi serta prinsip penuaan suatu organisasi yang senantiasa terjadi.  

Salah satu tantangan utama bagi perusahaan-perusahaan yang sudah 'dewasa' adalah mencari penemuan kembali (reinventing), sebelum terlambat,  melalui pengembangan bisnis baru,  atau sering melalui akuisisi bisnis lain dalam tahap bayi, atau dengan mengembangkan bayi yang baru ''   dalam perusahaan induk.


Model ini juga menyediakan dasar untuk kegiatan pelatihan tim - lihat misalnya Latihan Life-Cycle, untuk mengajar orang tentang tahap-tahap pengembangan organisasi, yang membantu untuk menjual, manajemen dan pemahaman budaya organisasi dan sistem.


Berikut 10 tahap siklus hidup sebuah perusahaan:


1.      COURTSHIP - pengembangan awal atau penciptaan proposisi / model / bisnis / pembentukan / dll.
2.      INFANCY/bayi -setelah peluncuran - mulai aktif beroperasi
3.      GO-GO - pertumbuhan awal yang giat, energik dan kadang-kadang kekacauan
4.      ADOLESCENCE/remaja - masih berkembang, tetapi lebih mapan dan jelas
5.      PRIMA/prima - bisnis atau organisasi sedang kuat-kuatnya, sehat,  kompetitif, populer dan yang paling menguntungkan
6.      STABILITY/stabil - masih efektif, populer, masih bisa sangat menguntungkan,namun mulai kehilangan keunggulan - kerentanan mulai merayap
7.      ARISTOCRACY/aristokrasi - kuat berdasarkan kehadiran di pasar dan akumulasi konsolidasi keberhasilan, namun lambat dan tidak menarik, mulai kehilangan pangsa pasar, teknologi baru, tren, dll
8.      RECRIMINATION -  ragu, masalah, ancaman dan masalah internal membayangi tujuan asli
9.      BURE AUCRACY/birokrasi  - fokus kedalam (inward focus), susah keluar dari kebiasaan, mencari kesempatan untuk keluar dari bisnis atau divestasi, banyak tantangan operasi dan pemasaran
10.   DEATH/kematian - Tutup, jual, bangkrut, dan dibeli dengan harga nilai aset saja atau dengan berdasarkan basis pelanggan saja. 








ssssssssssssssssssssssssssssssssssss





No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget