INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Gembala dan Konsultan

brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan
Seorang gembala sedang menggembalakan domba-dombanya di lapangan, ketika sebuah mobil sport baru berdecit berhenti di jalan di dekatnya dalam kepulan debu. Pengemudinya, seorang pemuda dengan pakaian mahal dan kacamata hitam, bersandar ke luar jendela dan berteriak kepada si gembala, "Jika saya mengatakan dengan tepat berapa banyak domba yang Anda miliki di sini, saya bisa mengambil satu?"

Gembala perlahan-lahan melihat ke arah pemuda itu, kemudian melihat kawanan dombanya yang aman damai, dengan tenang menjawab, "Tentu, kenapa tidak?"

Pemuda itu melangkah keluar dari mobilnya memegang Palmtop pda terbaru, dengan mana ia menghubungkan ke serangkaian website, lalu menelpon sistem navigasi satelit untuk menentukan lokasi, kemudian mengunci lokasi itu untuk menghasilkan resolusi gambar lapangan ultra-tinggi.  Setelah mengirim email foto ke fasilitas pengolahan gambar, data diproses dikembalikan, yang kemudian feed ke sebuah database online, dan memasuki parameter untuk laporan. Dalam beberapa detik kemudian printer miniatur di dalam mobil menghasilkan laporan penuh warna berisi beberapa halaman dari analisis dan hasil. Pemuda itu mempelajari data untuk beberapa detik dan kembali ke si gembala.




"Anda memiliki tepat satu ribu lima ratus delapan puluh enam ekor domba, termasuk tiga ekor domba jantan, dan tujuh ratus dua puluh dua anak domba."

"Benar," kata gembala, agak terkesan. "Yah, aku rasa itu berarti Anda bisa mengambil salah satu domba saya."

Pemuda itu memilih salah satu domba dan memuat hewan itu ke kursi belakang mobilnya. Pada saatitu si gembala mengatakan, hampir sebagai renungan, "Hei bung, jika saya dapat memberitahu Anda apa bisnis Anda, akankah Anda memberi saya kembali domba saya ? "

Anak muda, merasa percaya diri, setuju.

"Kau konsultan," kata gembala.

"Wow, itu benar," kata pemuda itu, terkejut, "Bagaimana kau bisa tahu itu?"

"Tidak  perlu menebak," jawab gembala itu, " Anda datang kesini meskipun tidak ada yang memanggil Anda, Anda mengenakan biaya untuk memberikan saya jawaban yang saya sudah tahu, untuk pertanyaan yang saya tidak pernah tanyakan,. Dan Anda tidak tahu tentang bisnis saya. Sekarang kembalikan domba saya."


brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget