INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

YANG BISA DIUBAH dan YANG TIDAK BISA DIUBAH

brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

Silakan disimak:

Keterampilan [Skill]
o Definisinya adalah langkah langkah dari suatu kegiatan
o Bisa diubah, diperbaiki dengan cara latihan
Pengetahuan [Knowledge]
o Bisa dipelajari, diperbaiki dengan cara mempelajarinya
Sikap [Attitude]
o Tidak mudah diubah
o Dpengaruhi oleh lingkungan yang mempengaruhi seseorang dan personality seseorang
o Diubah dengan cara mengubah tatanilai [values] .
Perilaku [Behavior]
o Tidak mudah diubah
o Diubah dengan cara mengubah environment atau juga tatanilai
Kepribadian [Personality]
o Tidak bisa diubah
Tatanilai [Values]
o Bisa berubah
Bakat [Talent]
o Adalah bagian dari personality yang produktif [berarti ada personality yang tidak bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas]
o Tidak bisa diubah setelah 16 tahun



Disini mulai jelas bahwa pelatihan untuk tujuan pengembangan [development] atas materi materi yang terkait dengan personality dipastikan tidak bisa membuat seseorang berubah, sayangnya istilah Skill maupun Behaviour yang memang bisa dipelajari dan diubah seringkali dimanfaatkan untuk meyakinkan peserta pelatihan bahwa mereka bisa berubah dalam segala hal.

Menjawab pertanyaan sebelumnya mengenai pengalaman saya maka bisa disimpulkan sebagai berikut:
Mengapa setelah saya belajar dan bekerja, beberapa hal yang sebelumnya tidak bisa [kelemahan] menjadi bisa.

”Kelemahan” saya dalam matematika sebelum masuk sekolah merupakan kekurangan skill dan knowledge
”Kelemahan” saya didalam perbaikkan AC sebelum saya bekerja merupakan kekurangan skill dan knowledge
”Kelemahan” saya dalam membaca financial statement sebelum saya ikut kursus merupakan kekurangan skill dan knowledge.

Skill dan Knowledge , bisa dipelajari dan dilatih sedangkan disisi lain saya sebenarnya memiliki bakat Analytical, Communication, Restorative sehingga saya bisa meningkatkan kemampuan saya dan dalam bidang bidang diatas sebenarnya bukan kelemahan melainkan sudah ada potensi kekuatan, hanya saja belum diasah sehingga masih berupa kekurangan.

Disisi lain, Mengapa setelah menjadi pengajar tidak resmi dari The Seven Habit, masih juga tidak bisa menjadi orang yang bisa ”Managing Time”? Sebabnya adalah karena saya tidak memiliki bakat Discipline yang merupakan keterbatasan saya.

Mengapa setelah menjadi manager 7 tahun dan direktur 30 tahun masih juga tidak berani tatap muka?
Sebabnya adalah karena saya tidak memiliki bakat Command yang merupakan salah satu keterbatasan saya. Dalam hal ini , karena saya memiliki keterbatasan dalam Command dan Discipline, maka saya memiliki potensi kelemahan dalam hal ”mengatur waktu” maupun dalam hal ”konfrontasi”, sehingga walaupun puluhan tahun berpengalaman, potensi kelemahan tersebut tidak akan  pernah menjadi kekuatan.


Bahan dari Abah Rama, Pencipta Talents Mapping Indonesia
brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan



Abah Rama adalah pencipta software Talents mapping dan Job Function berdasarkan hasil penelitian Gallup International yang diawali dengan ide mengenai psikologi positif sejak tahun 60-an oleh Dosen Psikologi di Universitas Nebraska, Prof Donald O Clifton dan penelitian atas lebih dari 2 juta pekerja, 80.000 manajer dan ribuan perusahaan dari berbagai tipe industri, yang akhirnya di tahun 2001 diperkenalkan bahasa baru tentang bakat dengan 34 tema bakat.
Tujuan Talents Mapping :
-  Membantu peserta menemukan kekuatan dan kelemahan serta kepribadiannya (identifikasi karakter)
-  Memberikan kemudahan bagi para peserta dalam memilih jurusan pada tingkat perguruan tinggi
-   Membantu peserta menentukan karir yang paling sesuai di masa yang akan datang
Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti Talents Mapping ini, segera hubungi kami Dapatkan penawaran dan harga special!
Contact Person: Hillon I. Goa, 08129323182




No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget