INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Pengertian Kapasitas Produksi


brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

Kapasitas produksi dapat didefinisikan sebagai volume atau jumlah produk yang dapat dihasilkan oleh suatu fasilitas produksi atau perusahaan dalam periode waktu tertentu dengan menggunakan sumber daya yang tersedia saat itu.

Adapun definisi produk adalah:

  1. Suatu benda, ide, metoda, informasi, obyek atau layanan yang diciptakan sebagai hasil dari suatu proses untuk memenuhi kebutuhan atau memuaskan keinginan. Bisa memiliki atribut nyata (tangible) atau tidak nyata (intangible)  seperti manfaat, fitur, fungsi, kegunaan, yang ditawarkan oleh penjual kepada pembeli. Sebagai contoh, seorang penjual sikat gigi tidak hanya menawarkan produk fisik saja tetapi juga ide bahwa konsumen akan memperoleh peningkatan kesehatan giginya. 
  2. Di Bidang Hukum: barang yang didistribusikan secara komersial berupa (1) milik pribadi, (2) keluaran atau hasil fabrikasi, manufaktur. atau proses produksi (3) melewati saluran distribusi sebelum dikonsumsi atau digunakan.
  3. Di bidang Pemasaran: Barang atau jasa yang memenuhi persyaratan dari sebuah pasar tertentu dan menghasilkan laba yang cukup untuk melanjutkan keberadaannya. Contohnya, selama mobil tetap diproduksi maka perusahaan seperti Michelin yang memproduksi ban akan memenuhi kebutuhan pasar dan terus memperoleh laba.


Sedangkan definisi produksi sendiri adalah proses dan metoda yang digunakan untuk merubah input nyata/tangible (bahan baku, produk setengah jadi, semi rakitan) dan input tak nyata/intangible (ide, informasi, pengetahuan) menjadi barang atau jasa. Sumberdaya diperlukan dalam proses menciptakan output yang cocok untuk digunakan atau memiliki nilai tukar.

Perlu juga ditegaskan disini tentang pengertian periode waktu, yakni suatu segmen waktu yang kuantitatif misalnya 1 minggu, bulan atau kwartal, yang diperlukan oleh suatu organisasi untuk memperkirakan atau menyatakan aktivitasnya. Contohnya, suatu perusahaan menghasilkan 1000 ton dalam periode satu minggu.  


brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget