INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

Membuat Buletin - Newsletter


brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

Memproduksi buletin atau newsletter Anda sendiri untuk pelanggan Anda, kontak dagang, masyarakat setempat, dll, adalah cara terbaik untuk memberikan informasi, membangun reputasi, kredibilitas, kepercayaan, dan citra dari keramahan Anda, gambaran pendapat Anda (dan terlihat untuk melakukannya), serta iklan layanan Anda sendiri.

Audiens yang Anda pilih untuk newsletter akan tergantung pada jenis bisnis dan target pasar Anda. Logikanya, audiens Anda akan menjadi pelanggan yang sudah ada atau potensial menjadi pelanggan, dan lain-lain yang Anda ingin menjaga informasi dan dengan siapa Anda ingin mengembangkan hubungan baik.

Format newsletter sangat fleksibel dan bervariasi - apa pun mulai dari bentuk sebuah majalah multi-halaman hingga bentuk email satu halaman. Newsletters dapat berbentuk cetak atau elektronik atau keduanya, dan bisa bersifat "opted-in" (mendaftar untuk ikut) atau tidak (opted-in berarti bahwa penerima telah mendaftar atau setuju untuk menerima newsletter, - ini biasanya diperlukan untuk konsumen pribadi, dan dianjurkan dalam banyak situasi) .

Sementara banyak dari pedoman di sini mengacu pada newsletter dicetak, prinsip yang sama berlaku untuk media elektronik seperti email dan PDF. Saat ini sudah ada pula video newsletter, yakni newsletter yang dilengkapi dengan video, tidak hanya tulisan dan gambar saja.

Sirkulasi / distribusi newsletter hampir selalu memerlukan daftar dari pembaca dan calon pembaca, sehingga memproduksi dan mengedarkan newsletter umumnya berarti membangun database pembaca (pelanggan yang ada dan potensial dan rincian mengenai mereka), yang berguna untuk tujuan lainnya.

Bila Anda merancang dan menulis newsletter ingatlah bahwa sementara tujuan dasarnya adalah untuk mengiklankan bisnis Anda dalam cahaya yang positif, di pihak lain orang akan ingin menerima dan membacanya jika gaya dan isinya menarik dan menghibur. Dalam hal ini newsletter yang dilengkapi dengan video tentu saja memiliki keunggulan yang lebih.

Ikuti aturan dasar AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), berkonsentrasilah pada dua isu pertama yakni Attention (Perhatian) dan Interset (Menarik). Teknologi komputer saat ini membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk membuat newsletter yang sangat efektif, bahkan jika Anda mulai dengan hanya selembar berita sangat dasar - selembar kertas atau buletin.

Jika memungkinkan, terutama ketika Anda berkomitmen terhadap konsep newsletter diatas dan ingin meningkatkan skala, akan sangat membantu jika melibatkan desainer profesional untuk grafis tata letak umum, dan karya seni banner. Perusahaan besar umumnya menggunakan agen PR untuk memproduksi newsletter mereka, di mana skala yang lebih besar dan kecanggihan yang lebih besar diterapkan. Sekarang dunia internet telah menyediakan dengan biaya yang sangat ringan tidak hanya untuk perusahaan bahkan untuk personal/pribadi dengan pilihan tempalte yang didesain secara profesional.  Lihat video newsletter.




Undang kontribusi dari pembaca Anda dengan menyediakan ruang untuk pesan pembaca seperti - 'surat pembaca' atau 'kotak surat' dan semacamnya. Ini merupakan cara yang baik untuk mengisi ruang dan membuat pembaca merasa lebih terlibat. Hal ini dapat mencakup umpan balik / komentar tentang format dan isi buletin itu sendiri, yang akan membantu untuk meyakinkan Anda bagaimana dan apakah akan melanjutkan penerbitan di masa depan.

Berkomitmenlah terhadap frekuensi dan ukuran yang dapat Anda pertahankan. Jika Anda hanya dapat mengatur setiap tiga bulan, buatlah 3 bulan sekali. Jangan menjanjikan bulanan dan kemudian gagal untuk menerbitkan edisi berikutnya secara tepat waktu, karena akan menghancurkan tujuan Anda membangun citra Anda. Kalau perlu mulailah dengan satu halaman, dan memungkinkan untuk meningkatkan ukuran jika Anda melihat alasan positif untuk melakukannya. Mulailah dengan uji coba hanya beberapa copy, mungkin hanya beberapa ratus, dan meningkatkan distribusi saat Anda memperbaikinya.

Adopsilah format dan gaya yang cocok untuk tujuan Anda. Aturan dasar produksi iklan berlaku disini yakni Keep it simple (sederhana), mudah dibaca, dan hindari hal-hal yang tidak perlu atau berlebihan. Gunakan format yang hemat biaya dan cocok dengan metode distribusi yang anda gunakan.

Sertakan foto dan rincian dari staf Anda. Foto dari pelanggan dan orang lain akan membantu newsletter menjadi lebih hidup. Penerbitan foto staf juga memotivasi staf, asalkan sesuai dengan isi dan konteks tentunya.

Sertakan cerita optimis dan bahagia. Buatlah konten dan nada yang sangat positif. Untuk itu tentu saja Anda tidak boleh mendistorsi fakta, dan Anda harus memiliki ijin untuk menyajikan isu-isu dengan cara yang akan mencerminkan semenguntungkan mungkin bagi bisnis Anda dan orang-orang Anda.

Tunjuklah satu orang yang bertanggung jawab untuk newsletter Anda. Seringkali tantangan yang paling sulit dalam memproduksi newsletter adalah mempertahankannya. Hal ini karena tidak mudah untuk mengumpulkan ide-ide dan berita untuk konten yang baik, dan jika tidak ada tanggung jawab yang jelas terhadap jadwal dan tenggat waktu maka seluruh usaha akan berjalan dengan terburu-buru, mungkin terlambat atau tidak lengkap. Hasilnya adalah efek yang buruk pada staf dan pembaca.

Pertahankan desain dan citarasa yang konsisten. Konsistensi penampilan sangat penting untuk membangun pengenalan, kesadaran dan hubungan positif terhadap bisnis Anda. Jaga pula identitas perusahaan, logo, dan corak huruf secara konsisten, dan terus mencoba untuk mengembangkan struktur konten. Keakraban adalah aspek besar dari daya tarik dan keberhasilan publikasi reguler (bayangkan tentang surat kabar). Keakraban membangun loyalitas dan rasa kepercayaan pembaca, dan ini berlaku pula untuk newsletter. Jika gaya buletin Anda terus berubah, maka usaha Usaha Anda menghasilkan newsletter yang baik akan tampak tidak menentu dan tidak konsisten.


Kaitkan berita untuk pelanggan dan komunitas mereka. Perlu diingat sepanjang waktu siapa audiens Anda, dan pilih konten yang relevan dan disajikan dengan cara yang pembaca Anda akan ingin membacanya.

Dimungkinkan bagi Anda untuk memulihkan beberapa biaya newsletter dengan menjual sebagian ruang untuk  iklan, tapi hati-hati tentang jenis pemasok jangan sampai mengganggu gambaran citra buletin Anda yang sedang anda bangun.

Jika Anda membuat dan mendistribusikan newsletter dalam format elektronik maka Anda memiliki kesempatan yang baik untuk mengarsipkan materi pada website Anda, tersedia secara bebas untuk semua pelanggan Anda atau siapa saja untuk mengaksesnya, sehingga akan membangun sebuah perpustakaan informasi yang berguna bagi pengunjung dan pencari jauh di luar database Anda sendiri atau daftar sirkulasi.


brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

1 comment:

  1. Waw sangat membantu.
    Terima kasih.

    ReplyDelete

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget