INTRODUKSI

Panduan untuk karir, pelatihan manajemen dan bisnis, pengembangan organisasi, pengembangan diri, inspirasi, ide-ide inovatif, pengetahuan, latihan, metoda, template, dan sebagainya.
----------------------------

TALENTS MAPPING & PERSONAL STRENGTH STATEMENT

--> brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan 


TALENTS MAPPING [TM]
Berbekal temuan Gallup dengan Cliffton Talents Theme, Abah Rama dipaksa oleh situasi untuk mendalaminya bahkan sampai membuat asesmennya.

Dengan asesmen Talents Mapping, peserta akan menerima urutan bakat dari yang paling dominan [urutan pertama] sampai yang paling tidak dominan [urutan terakhir], dan dengan mengetahui 7 sd 10 bakat dominannya, Asesmen ini juga memberikan panduan tentang potensi fungsi [function potential] peserta dan ini yang sangat membedakan Strength Finder dengan Talents Mapping, karena Gallup tidak akan pernah memberikan panduan Function Potential yang merupakan kumpulan bakat [set of talents].

Dengan adanya panduan mengenai potensi fungsi maka peserta bisa memfokuskan dirinya untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan fungsi yang disarankan dan berupaya menghindarkan dirinya dari menempati posisi dimana potensi fungsinya rendah.


KONSEP BERFIKIR TALENTS MAPPING
Setiap manusia dilahirkan dengan membawa misi dan itu pasti !
Untuk itu manusia diberikan potensi [bukan kekuatan] dan keterbatasan [bukan kelemahan].

Misalnya :
Manusia diberikan potensi ”akal” dan keterbatasan ”tidak bisa terbang”.
”akal” tersebut tidak menjadi kekuatan selama tidak diasah melalui berlatih keterampilan dan pengetahuan sedangkan ”tidak bisa terbang” belum tentu merupakan kelemahan selama tidak digunakan untuk terbang.

Potensi akan menjadi kekuatan apabila diasah dengan skill dan knowledge.
Keterbatasan bisa kita siasati agar tidak menjadi kelemahan.

Ini berarti bahwa Kekuatan dan Kelemahan bukan dari Tuhan melainkan benar benar merupakan pilihan manusia, Allah memberikan potensi dan keterbatasan, manusia harus pandai pandai mengenali dan mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan.

Lalu apa hubungan nya dengan Talents Mapping ?

Seperti disebutkan diatas tadi, setiap manusia memiliki 34 bakat dengan urutan yang berbeda mulai dari yang paling dominan sampai kepada yang paling tidak dominan.

7 sd 10 bakat dominan tersebut adalah potensi nya sedangkan urutan ke 25 sd 34 adalah bakat tidak dominan yang merupakan keterbatasannya yang tidak mungkin diperbaiki.

Dalam mengembangkan diri, usahakan untuk mengembangkan potensi kekuatan yang merupakan kumpulan dari bakat bakat dominannya dan jangan sekali kali berusaha memperbaiki bakat tidak dominannya karena bakat tidak dominan adalah keterbatasan seseorang tidak mungkin diperbaiki .

Contoh urutan bakat Rama Royani:
1. Connectedness
2. Developer
3. Consistency

 1 - 10 BAKAT 
DOMINAN

 
4. Arranger
5. Strategic
6. Communication
7. Learner
8. Belief
9. Intellection
10. Intellection
11. Responsibility
12. Self-Assurance
13. Restorative
14. Inclusiveness/Includer
15. Adaptability
16. Analytical
17. Futuristic
18. Maximizer
19. Activator
20. Deliberative
21. Focus
22. Ideation
23. Individualization
24. Relator
25. Input
26. Significance

24-34 BAKAT TIDAK
DOMINAN
[KETERBATASAN]

 
27. Achiever
28. Discipline
29. Positivity
30. Context
31. Woo
32. Empathy
33. Command
34. Competition

Bagi semua orang, membicarakan bagaimana memanfaatkan bakat dominan akan lebih produktif dibandingkan dengan membicarakan bagaimana memperbaiki keterbatasan [bakat yang tidak dominant] karena memang tidak bisa diperbaiki.

Dengan konsep itu maka laporan hasil Talents Mapping difokuskan untuk menganalisis potensi fungsi peserta atas dasar 7-10 bakat dominant.

PETA BAKAT:


FUNGSI POTENSIAL


PERSONAL STRENGTH STATEMENT
Kalau Talents Mapping [TM] dianalisis melalui konsep kwantitatif dimana kumpulan bakat diberikan skor menurut bobotnya, maka untuk menghindari kemungkinan “faking” maupun mengurangi kelemahan metoda kwantitatif, maka untuk beberapa aplikasi yang kritis seperti untuk rekrutmen, placement dan performance management, TM juga dilengkapi dengan Personal Strength Statement [PSS] yang bersifat kwalitatif.
PSS ini juga bisa digunakan untuk menguji korelasinya dengan urutan bakat.
PSS ini merupakan temuan baru didunia sebagai turunan dari definisi baru tentang Kekuatan yang berbunyi sebagai berikut:
Kekuatan adalah Kegiatan yang membuat seseorang merasa semakin kuat [ingin mengulangnya, cepat mengusai, memberikan rasa puas]
Kelemahan adalah Kegiatan yang membuat seseorang merasa semakin lemah [ lama menguasai, bosan , lelah mental dll].

Dengan definisi diatas maka ditemukan 114 klaster fungsi berdasarkan penggunaan otak, semangat dan fisik dalam mengerjakannya.

Dari 114 klaster fungsi ini ada 15 fungsi yang terkait dengan bidang dan 99 fungsi yang terkait dengan peran dan ke 99 fungsi ini ada kaitannya dengan bakat seseorang sehingga dapat dibuatkan rumus korelasinya


KOMBINASI TM dan PSS
Dengan rumus korelasi khusus, maka dapat dibuatkan suatu laporan gabungan
antara hasil TM dengan hasil PSS, dimana dapat dilihat korelasi antara pengakuan kekuatan seseorang dengan bakat bakatnya.

Laporan gabungan ini sangat dibutuhkan untuk Rekrutmen maupun Manajemen Kinerja dalam Strength Based Performance Management.

bersambung ke 'Pengembangan Manusia'

Bahan dari Abah Rama, Pencipta Talents Mapping Indonesia
brought to you by Sumber Ilmu-Sumber Kearifan

Abah Rama adalah pencipta software Talents mapping dan Job Function berdasarkan hasil penelitian Gallup International yang diawali dengan ide mengenai psikologi positif sejak tahun 60-an oleh Dosen Psikologi di Universitas Nebraska, Prof Donald O Clifton dan penelitian atas lebih dari 2 juta pekerja, 80.000 manajer dan ribuan perusahaan dari berbagai tipe industri, yang akhirnya di tahun 2001 diperkenalkan bahasa baru tentang bakat dengan 34 tema bakat.
Tujuan Talents Mapping :
-  Membantu peserta menemukan kekuatan dan kelemahan serta kepribadiannya (identifikasi karakter)
-  Memberikan kemudahan bagi para peserta dalam memilih jurusan pada tingkat perguruan tinggi
-   Membantu peserta menentukan karir yang paling sesuai di masa yang akan datang
Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti Talents Mapping ini, segera hubungi kami Dapatkan penawaran dan harga special!
Contact Person: Hillon I. Goa, 08129323182



1 comment:

  1. Setuju sama artikel ini.
    Bakat dominan mending ditingkatkan dan yang tidak dominan sebaiknya mengandalkan orang lain yang bakat dengan itu

    ReplyDelete

Artikel Menarik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Recent Comments Widget